Workshop Instalasi Operating System Windows di Panti Asuhan Darul Yatama

Komunitas Suara Hati pada hari Minggu 19 April 2015 mengadakan kegiatan Workshop "Instalasi Windows Untuk Laptop/Komputer" yang diselenggarakan di Panti Asuhan Darul Yatama di kabupaten Sleman. Tujuan mengadakan workshop tersebut adalah memberikan pengalaman dan sekaligus memandirikan para remaja yang bernaung di panti asuhan, dikarenakan untuk Instal ulang di luar memakan biaya yang lumayan besar maka dari itu melatih agar panti asuhan mampu mandiri Instal ulang tanpa harus mengeluarkan biaya.



Peserta kegiatan ini terbatas hanya untuk anak yang sudah di bangku kuliah saja, karena adanya peraturan dari pihak panti bahwa yang boleh menggunakan komputer atau leptop hanya untuk anak yang sudah berkuliah. Jumlah anak yang boleh mengikuti yaitu sekitar 20 anak, namun ketika kegiatan berlangsung hanya ada 8 anak yang dikarenakan pada hari itu ada kegiatan yang harus diikuti. Kegiatan ini berlangsung sekitar 1 jam 30 menit.
Kegiatan awal adalah mengenalkan bagaimana sebuah sistem operasi itu bekerja dengan metode yang sederhana dan mudah dipahami, karena kebanyakan takut untuk menginstal ulang dan dirasa susah untuk lakukan kami mengajarkan penekanan untuk berani mencoba, karena instalasi windows sangatlah mudah. Kami memulai dengan Bagaimana cara membuat bootable menggunakan flashdisk yang notabene sekarang adalah alat yang mudah didapatkan dan juga media seperti CD-ROM sudah mulai ditinggalkan untuk beberapa model laptop merk keluaran terbaru. Maka kami memberikan tutorial membuat bootable terlebih dahulu dan menjelaskan kegunaan dari bootable windows itu. Bootable Windows itu adalah bahan untuk instal ulang windows, kami memberikan tutorial menggunakan windows 7 yang sekarang sering digunakan. Selanjutnya menjelaskan pentingnya data itu dibackup dan diletakan dimana supaya aman dari kesalahan saat instal ulang.
Tahapan selanjutnya adalah kita mengenalkan BIOS (Basic Input Output System) penggunaannya supaya Bootable Flashdisk yang sudah dibuat bisa di boot oleh sistem daripada Laptop tersebut, setelah 1st boot sudah di flashdisk selanjutnya Restart Laptop. Selanjutnya Masuk pada Instalasi Windows 7, kami menjelaskan disini butuh ketelitian untuk instalasi windows 7, rusak itu pasti tapi kita tahu setelah kita melalui pengalaman, maka selanjutnya peserta di tunjukan bagaimana Instalasi Windows 7 dengan konsep sederhana dan contoh-contoh yang mudah dipahami, dibagian yang paling menyenangkan adalah ketika para peserta menanyakan dan kami menjelaskan secara semudah-mudahnya, disitu malanjutkan untuk mempartisi hdd yang ad dilaptop, setelah itu dlanjutkan untuk menjelaskan pengisian username, password, keamanan dan juga men-set tanggal dan waktu zona. Tahap sesi finishing untuk sebuah Instalasi Windows 7 yang sudah jadi, dengan memberikan penjelasan driver dan Antivirus dan juga memberikan cara-cara bagaimana menanggulangi virus dan juga menyimpan data dengan aman di sebuah perangkat penyimpanan data.


Alhamdulillah para peserta antusias dengan metode pengajaran yang berikan, pada dasarnya kami bukanlah guru, tetapi kami belajar dari sebuah air yang turun dari hulu ke hilir, maka ilmu itu jika dibagikan dengan kerendahan hati kita maka ilmu itu akan menjadikan hal yang tak akan pernah habisnya dibagikan sampai keseluruh dunia.

Penulis : Nurkholis Yusuf

Komentar

Entri Populer