Buka Puasa Bareng, Edukasi dan Permainan di Panti Asuhan Al-Falah

                                           

Marhaban Ya Ramadhan...

Puasa pertama bulan Ramadhan kali ini jatuh pada tanggal 18 Juni 2015, dan komunitas Suara Hati telah mengagendakan kegiatan buka bersama di Panti Asuhan. Kali ini Panti Asuhan Al Falah dipilih menjadi tempat kegiatan buka puasa bersama pada hari pertama Ramadhan. Panti Asuhan Al Falah yang berlokasi di Jl. Ngeksigondo, Kotagede ini dihuni oleh 25 anak laki-laki dari usia SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Dengan beragamnya usia dan pendidikan anak-anak Panti Asuhan ini, maka kegiatan buka bersama dibuat agak berbeda yaitu dengan membuka kelas mengajar yang menghibur. Kelas mengajar kali ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas photografi untuk adik-adik yang bersekolah di bangku SMA dan kuliah, sedangkan kelas trik sulap diberikan untuk adik-adik yang duduk di bangku SD dan SMP.
Acara buka puasa kali ini juga dibuka untuk teman-teman di luar komunitas Suara Hati. Hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan bagi banyak orang untuk berpartisipasi dan merasakan kebersamaan berbuka puasa dengan adik-adik yang tinggal di Panti Asuhan. Hal ini terealisasikan dengan banyaknya teman-teman di luar komunitas Suara Hati yang mengikuti kegiatan ini. Selain itu, acara buka puasa kali ini juga bertujuan untuk memperkenalkan komunitas Suara Hati kepada anak-anak di Panti Asuhan dan juga teman-teman lainnya.
    Kelas pengajaran berakhir pada pukul 17.00 WIB, kami semua berkumpul di ruang tengah untuk mengikuti acara Selajutnya. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Komunitas Suara Hati (mas Nizar) yang menyampaikan sedikit tentang profil Suara Hati kepada adik-adik di Al Falah dan kepada tamu undangan yang telah hadir. Setelah itu, kak Lia Hakso (salah satu founder komunitas Suara Hati) juga memaparkan mengenai sejarah berdirinya Suara Hati dan memberi motivasi pada para volunteer untuk tetap semangat dan terus berbagi pada sesama. Acara diakhiri dengan sambutan dari ustad Edo, pengurus Panti Asuhan Al Falah yang sangat berterimakasih karena dengan diadakannya acara buka puasa oleh komunitas Suara Hati ini, banyak hal baru yang dipelajari anak-anak. Tidak terasa adzan Magrib telah terdengar, tiba waktunya berbuka di hari pertama puasa. Kami berdoa dan berbuka bersama, dilanjutkan dengan sholat berjamaah di masjid dan makan bersama.


    Saat berpisah pun tiba, sedikit bantuan yang sudah terkumpul kami serahkan untuk Panti asuhan Al Falah. Senang sekali bisa melewatkan hari pertama puasa bersama adik adik di Panti Asuhan Al Falah. Bisa saling berbagi, belajar, bermain, tdan ertawa bersama dengan adik-adik di Panti Asuhan. Semoga apa yang diajarkan bisa memberikan manfaat di kemudian hari, dan semoga bisa berjumpa lagi dengan adik-adik di Al Falah. Ramadhan, bulan penuh berkah dan kebaikan mari kita saling berbagi walau itu hanya dengan senyuman. 

Penulis: Siti Sri Wahyu Ningsih

Komentar

Postingan Populer