Pengajaran Pengenalan Komputer dan Instalasi Windows di Panti Asuhan Al-Falah

Komunitas Suara Hati pada hari Minggu 15 Juni 2015 mengadakan kegiatan "Pengenalan Komponen Komputer dan Instalasi Windows di Laptop/Komputer" yang diselenggarakan di Panti Asuhan Al-Falah yang berlokasi di Jl. Ngeksigondo Gg mustaqfirin, prenggan, Kotagede, Yogyakarta. Tujuan mengadakan kegiatan tersebut adalah memberikan pengalaman sekaligus pengetahuan dasar komputer yang dikemudian hari akan bermanfaat mandiri untuk para remaja yang bernaung di panti asuhan, dikarenakan untuk merakit sebuah komputer diharuskan memiliki dasar pengetahuan isi daripada komputer tersebut dan juga instal ulang diluar memakan biaya yang lumayan besar maka dari itu melatih dan memberikan pengetahuan kepada panti asuhan supaya mampu mandiri untuk merakit komputer sesuai yang dibutuhkan dan juga instal ulang tanpa harus mengeluarkan biaya.



Peserta kegiatan adalah para remaja yang duduk di bangku sma ataupun kuliah, tetapi anak-anak smp juga diikut sertakan untuk menambah pengetahuan mengenai komputer. Jumlah anak yang mengikuti kegiatan ini sekitar ada 11 orang tetapi setelah bertambah dengan yang bangku smp maka jadi sekitar 20 orang peserta. Kegiatan berlangsung selama 4 jam, sesi 2 jam pertama adalah pengenalan komponen didalam komputer, pertama kami memperkenalkan apa itu komputer secara sederhana beserta alur cara kerja komputer dan mudah dipahami, dimulai dari pengenalan Proscesor, Motherboard, RAM, Harddisk, Monitor, Power Supply Unit, Harddisk, Cassing, Keyboard dan Mouse. Kami menjelaskan secara mudah bagaimana sebuah komputer dari mulai input sampai ke output. Para remaja antusias dan mereka mengajukan beberapa pertanyaan dan bagaimana cara memilih komputer sesuai kebutuhan, contoh kebutuhan untuk mengetik sebuah tugas adalah PC dengan spesifikasi Pentium Dual Core dengan Memori Ram sebesar 2GB dengan mainboard yang support dengan LGA775 dan juga Hardisk yang kapasitas sedang yaitu 160GB dengan PSU standar juga Cassing yang standard dengna kisaran harga hanya yang murah, kami juga memberikan tips cara untuk memilih komputer untuk desain grafis maupun editing video, dikarenakan beberapa remaja bercita-cita ingin menjadi desainer grafis dan juga menjadi pembuat video film.
Setelah itu dilanjutkan dengan Sesi 2 Jam kedua adalah menginstal ulang Laptop/Komputer, disini adalah kami menekankan bahwa menginstal ulang komputer itu sangatlah mudah dipahami dan jangan takut untuk mencobanya, kami mengajarkan mulai dari cara membuat bootable menggunakan flashdisk yang notabene sekarang mudah dibuat daripada media seperti CD-ROM yang sudah mulai di tinggalkan untuk beberapa jenis laptop keluaran terbaru. Maka kami memberikan tutorial sederhana membuat bootable terlebih dahulu. Selanjutnya kami mengajarkan cara Instal ulang Windows, kami menggunakan windows 8 karena windows 8 adalah keluaran terbaru sekarang dari seri windows. Selanjutnya kami mejelaskan beberapa cara backup data di cloud internet dan juga bagaimana mengatasi sebuah virus secara mudah. 

Alhamdulillah para peserta antusias dengan metode pengajaran yang kami berikan, semua ilmu tidak akan pernah lupa dari ingatan kita jika kita terus mengajarkan dan memberikan kepada orang lain, maka kami ingin suatau saat nanti ilmu kami bermanfaat dan bisa menjadikan mereka semua bermanfaat juga bagi Masyarakat.  

Penulis : Nurkholis Yusuf

Komentar

Postingan Populer