Mengingat kembali kebersamaan itu


         Bertepatan dengan awal puasa tanggal 18 Juni 2015, Komunitas Relawan Suara Hati mengadakan kegiatan buka bersama anak-anak Panti Asuhan & Rumah Tahfidz Yatim dan Dhuafa Al Falah yang beralamat  di Jl.Ngeksigondo, Gg.Mustaghfirin, Rt.11 , RW 03, Winong, Prenggan, Kota gede,Yogyakarta. Sambil menunggu waktu berbuka, kami melakukan berbagai kegiatan seperti bermain games, belajar fotografi, dan juga bermain sulap. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan. Terutama pada saat bermain sulap dengan Kak Eza (salah satu pesulap dari Komunitas Magic Jogja). Mereka semakin penasaran ketika Kak Eza mengajarkan beberapa trik sulap termasuk teknik Hipnotis. Ada beberapa anak yang juga tertarik dengan dunia fotografi, dan sangat bersemangat ketika mereka diminta untuk mencoba menggunakan kamera lalu mendokumentasikan acara tersebut. 

        Tak terasa waktu berlalu dengan sangat cepat. Suara Adzan Maghrib menghentikan segala kegiatan kami. Anak-anak Panti dan beberapa relawan yang beragama muslim sudah bersiap-siap untuk melaksanakan ibadah sholat magrib di sebuah masjid yang berada tepat disebelah Panti Asuhan Al Falah. Setelah selesai sholat, kami pun berbuka puasa bersama dengan makan bersama. Setelah selesai makan, kami berbincang-bincang santai. Pihak pengurus Panti Asuhan Al Falah pun memulainya dengan menceritakan profil Panti Asuhan, dan dilanjutkan dengan perkenalan Komunitas Relawan Suara Hati. Sebagai penutup acara, kami memberikan donasi dari beberapa donatur yang mempercayakannya kepada kami untuk diserahkan langsung kepada Panti Asuhan.


        Rasa syukur yang tak terhingga, karena acara berjalan dengan lancar dan kami bisa melihat senyuman bahagia dari anak-anak panti dan semua orang yang mengikuti kegiatan buka bersama tersebut.  Senyuman itu membuat kami semakin belajar bahwa kebahagiaan itu bisa datang dari mana saja, termasuk lewat hal-hal yang sederhana. Berbuka bersama di hari pertama puasa ini dengan sesuatu yang sangat nikmat  Bukan soal harga, tapi soal nilainya.. Nilai kebersamaan, kepedulian, dan toleransi inilah yang membuatnya nikmat. Sebuah momen yang akan menjadi pengingat. Dimana kita diingatkan untuk selalu bersyukur kepada sang Pencipta atas hidup ini, dan atas apapun yang kita punya. Momen yang mengingatkan bahwa kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri, karena kita juga memerlukan manusia yang lainnya. Momen yang mengingatkan bahwa hal baik yang kita lakukan sekecil apapun itu tetap membawa dampak dan perubahan. Untuk itu, jangan ragu untuk berbuat baik 


       Tetap semangat.. Jangan lupa bersyukur.. dan jadilah berkat untuk orang-orang disekitar.. 


Penulis : Amalia Putri Kusumadewi

Komentar

Postingan Populer