#1DekadeSuaraHati dan Learning Camp Suara Hati di SLB Puspa Melati, Gunung Kidul.

    Suara Hati merupakan sebuah kelompok relawan yang dibentuk oleh Yayasan Sayap Ibu yang beralamat di Jl. Rajawali No.3 Pringwulung Depok Sleman pada tanggal 19 November 2006. Kelompok relawan terdiri orang-orang yang mempunyai latar pendidikan yang berbeda, tetapi mempunyai satu tujuan yaitu membantu Panti Asuhan di sekitar Yogyakarta dalam mendidik, menghibur, dan membantu anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan. Namun, semakin usianya bertambah, Suara Hati melebarkan sasarannya yaitu tidak hanya anak-anak, tetapi juga orang lanjut usia dan anak berkebutuhan khusus yang berada di seluruh Yogyakarta.


 









    Bertepatan dengan hari ulang tahunnya yaitu 19 November, Suara Hati memperingatinya dengan cara yang spesial yaitu dengan mengadakan acara kemping di SLB Puspa Melati. Kemping yang diagendakan pada hari Sabtu dan Minggu, 19 dan 20 November 2016, tersebut melibatkan siswa berkebutuhan khusus (BK). Panitia dari Suara Hati merupakan pengurus dan relawan Suara Hati yang berjumlah 15 orang dan siswa BK yang terlibat sekitar 20 anak. Kegiatan dalam memperingati satu dekade berdirinya Suara Hati tersebut terdiri dari dua kegiatan. Kegiatan pertama pada hari Sabtu yaitu siswa BK dibagi menjadi empat kelompok, kelompok pertama yaitu siswa membuat es krim yang terdiri dari kelas rendah SDLB, kelompok kedua yaitu siswa mengikuti tata rias yang terdiri dari kelas tinggi SDLB, kelompok ketiga yaitu keterampilan membuat senter yang terdiri dari kelas SMPLB, dan kelompok keempat yaitu keterampilan mencuci motor yang terdiri dari kelas SMALB, serta pemotongan tumpeng nasi kuning dan pembagian bingkisan bagi siswa BK. 



     Pada malamnya, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan membakar jagung dan berbincang seputar personality. Pada hari Minggu, kegiatan kedua yaitu senam pagi dan memasak sarapan, siswa BK yang terlibat di hari Minggu yaitu siswa yang tinggal di asrama SLB Puspa Melati sekitar 7 anak. Kegiatan selama dua hari tersebut cukup mengesankan bagi siswa dan Suara Hati, pasalnya mereka dapat belajar satu sama lain di lingkungan sosial.

Writen By : adi suseno

Komentar

Postingan Populer